Kamis, 10 Januari 2008

RIau


DESA PARIANGAN DI TANAH DATAR

Desa Pariangan di Tanah Datar
Adalah desa tertua di Minangkabau, dimana berasalnya nenek moyang orang Minangkabau, terletak dilereng Gunung Merapi ditepi jalan raya Padang Panjang - Batusangkar.

Di desa ini dapat dilihat keaslian bentuk desa adat yang mencerminkan kehidupan sosial Minangkabau seperti Balairung, mesjid, Rumah adat, Lumbung padi yang merupakan unsur pokok dari suatu kelompok sosial orang Minangkabau. Terdapat pemandian air panas, dan beberapa peninggalan sejarah seoperti batu basurek, kuburan panjang yang menurut ceritanya adalah kuburan Dt. Tantejo Gurhano arsitek Rumah Adat Minangkabau.


  • PADEPOKAN BARONGSAI

    Kesenian etnis Cina yang kerap dihubungkan dengan kegiatan adat yaitu Barongsai, yang dapat disaksikan disaat bulan purnama dan ketika warga keturunan Cina di Bangka sedang menyelenggarakan pesta hajatan, Barongsai pun menjadi sebuah tontonan dan atraksi yang menarik.



  • PEMANDIAN DEWI KUAN YIN

    Sebuah tempat ibadah umat Budha – Khonghucu, berbentuk sebuah kapal yang siap berlayar. Letaknya ± 6 Km dari Pusat Kota sungailiat, tepatnya di Desa Jeliti Kecamatan Sungailiat Bangka, dengan area seluas 15.420 m2 terdapat sebuah kolam pemandian alami yang sejuk dan segar dari sumber mata air yang mengalir dari atas bukit. Air tersebut mempunyai khasiat untuk kesehatan tubuh bagi mereka yang percaya. Kolam pemandian tersebut merupakan Kolam Tujuh Bidadari yang dipenuhi dengan tumbuhan teratai putih.

    Tidak hanya itu, selain bisa beribadah dan mandi, disini juga kita bisa minum air sumur alami, bersih, jernih dan segar yang mempunyai khasiat. Melalui tangan Bapak Hermanto Wijaya, SE alias Liang Huei Shiung, semua problema bisa diselesaikan di tempat Ibadah Taman Bunga Teratai Dewi Kuan Yin. Uniknya, tempat ini bukanlah pengobatan alternatif, maupun ahli paramedis namun ini adalah sebuah keajaiban alam dan bukti Kebesaran Sang Maha Pencipta.

    Selain daripada itu Taman Bunga Teratai mempunyai misi perdamaian dimana akan berdirinya bendera dari berbagai negara yang merupakan simbol perdamaian dunia. Adapun misi tersebut dituangkan dalam simbol “Ike Ti Chiu Ike cia thing, One Earth One Family, Satu Bumi Satu Keluarga”.

    Disitu dapat kita jumpai wisma khusus didirikan untuk para pengunjung yang perlu menginap untuk peribadatan dan ketenangan jiwa. Bangunan dengan nuansa hijau menambah sejuknya suasana.

    Tempat Ibadah Taman Bunga Terai Dewi Kuan Yin akan membawa anda berlayar menikmati keindahan alam, merasakan kejaiban alam dan menyaksikan kebesaran Tuhan.



  • PHAK KAK LIANG

    Suatu kawasan yang berbentuk bangunan China yang dibangun diatas bekas kolong timah dengan luas sekitar 2 ha oleh pengusaha lokal orang keturunan, sebagai tempat peristirahatan bagi pengunjung yang datang ke daerah Belinyu, sambil menikmati bangunan yang unik seperti berada di Hongkong atau Taiwan.

    Yang tak kalah menariknya dari kawasan ini adalah pengunjung dapat menyaksikan ikan air tawar yang besar-besar bermunculan dari permukaan air, apabila wisatawan memberikan sekedar makanan ikan yang telah disediakan oleh penjaga setempat dan menurut cerita bahwa ikan-ikan tersebut tidak boleh dipancing atau dimakan.





  • KAMPUNG BASILAM

    Kampung Basilam adalah kampung tarekat Naqsabandi Qadiriyah. Penghuninya adalah para sufi yang menjalankan tarekat Naqsabandi Qadiriyah. Hampir setiap hari suara dzikir dilantunkan kencang tanpa henti. Mencari Allah, dalam rasa cinta yang kuat didada. Tidak ada yang tersisa lagi didunia ini, kecuali mencari Dzat Allah yang Pengasih.
    Sumber : Navigasi Net

    Alamat
    Desa Basilam
    Kecamatan Padang Tualang
    Sumatera Utara


  • DESA ADAT PENGLIPURAN

    Desa Adat Penglipuran terletak dilokasi yang strategis yaitu terletak diujung jalan Kintamani - Bangli. Acara rutin yang sering dilakukan di Desa ini antara lain Pemasangan dan Penurunan Odalan dan Galungan. Dan umumnya di sore hari kaum pria di desa ini mengeluarkan ayam jago kesayangan mereka dan terkadang ayam tersebut di adu namun tanpa menggunakan pisau.

    Sumber : Navigasi Net



  • PENINGGALAN KERAJAAN PELALAWAN

    Dahulu Kerajaan Pelalawan memiliki kekusaan dan kedaulatan yang besar, Kerajaan ini disegani baik oleh kawan maupun lawan. Namun sekarang Kerajaan ini hampir tinggal cerita dan kondisinya yang memprihatinkan.

    Bukan hanya itu, di kawasan wisata ini juga terdapat peninggalan kerajaan yang berupa Mesjid tua. Di belakang mesjid terdapat makam raja yang pernah memerintah dan sejumlah meriam kuno.

    Lokasi
    Kabupaten Pelalawan
    Riau


  • PUSAT BUDAYA PETALANGAN

    Daerah yang terletak sekitar 129 km dari Pekanbaru terdiri dari beberapa bangunan berciri khas Melayu. Bangunan yang terletak disini antara lain bangunan Balai Putih Guntung Laut yang digunakan sebagai tempat untuk bermusyawarah dan Museum Tuk Monti yang menyimpan perlengkapan hidup sehari – hari dan alat kesenian.

    Lokasi
    Kabupaten Pelalawan
    Riau


  • ISTANA KERAJAAN ROKAN

    Merupakan peninggalan kerajaan Rokan. Konon masih memiliki ikatan dengan kerajaan di Pasaman, Sumatera Barat. Istana dengan seni arsitektur tradisional ini dibangun pada abad XVIII.

    Lokasi
    Kecamatan Rokan IV Koto
    Kabupaten Rokan Hulu
    Riau


  • PANDAI SIKEK

    Daerah ini dikenal sebagai penghasil kerajinan ukiran kayu dan tenunan kain songket. Mutu dan Motif kain songket daerah sini sudah terkenal bukan hanya i dalam negeri melainkan ke luar negeri. Di tiap rumah, mereka masih memiliki alat tenun yang masih tradisional.

    Tidak ada komentar: