Rabu, 09 Januari 2008

Masyarakat Sakti Alam Kerinci secara geografis mendiami enclave terbesar di dunia dengan kandungan nilai budaya yang luhur dan universal dan dapat dijadikan salah satu sumber dalam memperkaya khasanah kepariwisataan Kabupaten Kerinci khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Fotografi: Harun_Alrasyid

Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci adalah merupakan event penting dalam upaya memajukan pembangunan kepariwisataan secara khusus.

Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci ini merupakan kelanjutan festival sebelumnya dan merupakan Calender of Event dari Pariwisata Propinsi Jambi yang dilaksanakan setiap tahun berlokasi sebagian besar di danau Kerinci, kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci.

Dengan Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci yang dilaksanakan setiap tahun ini diharapkan nilai-nilai luhur yang hidup dan berkembang di Kabupaten Kerinci dapat dilestarikan secara terpadu untuk memberikan kondisi yang kondusif dalam pariwisata di masa mendatang, yang selanjutnya akan menjadi sendi Pembangunan Kabupaten Kerinci yang berlandaskan adat dan budaya serta agama Islam sebagai pedoman hidupnya.

Secara Nasional Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci merupakan salah satu gerakan dalam upaya mendukung dan memelihara serta membina adat istiadat dan budaya bangsa seiring dengan kebersamaan dalam Pembangunan Kepariwisataan sementara dalam lingkup regional festival ini. (Sumber peta: Balai TNKS)

ASYIEK AYUN LUCI

Asyiek Ayun Luci khususnya dilaksanakan pada satu kali panen padi dalam satu tahun yaitu pada saat padi sedang mengeluarkan buah ,tujuannya adalah menolak bala seperti tikus, burung, dan hama babi yang merusak tanaman padi. Peralatan yang digunakan pada Asyiek Ayun Luci mini adalah berasal dari hutan dengan sajian, bunga-bungaan, buah-buahan dan daun-daunan.

TARI RANGGUK

Tari Rangguk ini merupakan tarian spesifik Kerinci yang populer, tarian ini umumnya ditarikan oleh beberapa orang gadis remaja sambil sambil memukul rebana kecil, tarian ini diiringi dengan nyanyian sambil mengangguk-anggukan kepala seakan memberikan hormat.Tari Rangguk dilakukan pada acara–acara tertentu seperti menerima kedatangan Depati (tokoh adat Kerinci), tamu dan para pembesar dari luar daerah.

SIKE REBANA

Kesenian ini perpaduan tiga buah seni yaitu seni vokal, seni gerak (tari) dan seni musik. Seni vokal (nyanyian ), yang dinyanyikan merupakan puji-pujian terhadap Yang Khalik Pencipta Alam Semesta (Allah SWT) dan rasul-rasulnya. Irama nyanyian Sike Rebana ini kadang-kadang diolah dalam irama Tale (nyanyian khas Kerinci). Rebana Besar selain sebagai properti dalam gerak juga berfungsi sebagai musik iringan.Tingkahan rebana yang dipukul oleh Pesike, menambah semaraknya seni ini.

TARI TAUH

Tarian ini merupakan tarian khas Daerah Lekuk 50 Tumbi Lempur Kecamatan Gunung Raya, biasanya diselenggarakan pada saat upacara adat seperti Kenduri Sko (gelar pusako) dan juga untuk penyambutan tamu kehormatan. Tari ini ditarikan secara berpasang-pasangan di lapangan terbuka (pentas arena). Gerakannya terlahir secara spontanitas mengikuti iringan musik Dab (rebana besar ), gong dan musik vokal Mantau. Mantau ini adalah nyanyian klasik Kerinci yang mengisahkan kehidupan masyarakat desa, percintaan, adat istiadat, dan lain-lain. Kostum yang dikenakan Baju Bludru Hitam atau coklat dengan hiasan kepala Khuluk.

TARI MASSAL

Tarian ini ditata sedemikian rupa khusus dipagelarkan untuk acara-acara helatan besar seperti Festival Danau Kerinci. Tari ini ditata dengan konfigurasi menggambarkan keadaan geografis Kerinci yang berbentuk kawah (landai). Gerak yang ditarikan merupakan gerak–gerak tari tradisional Kerinci seperti Tari Rangguk dan Tari Iyo-Iyo.

Tarian Massal

©Dipardabud Kerinci

TARI RAILALAH

Tari ini merupakan tari kreasi baru yang diangkat dari tari tradisional Daerah Kerinci, yaitu Tari Rangguk. Tari Railalah, tari yang bernapaskan Islam ditarikan Bujang dan Gadis (berpasang-pasangan ) dengan menggunakan Rafaai’i (indang) sebagai properti.

MANGKUK BADATEENG

Gadih Kincai (Gadis Kerinci) tampil membawakan Tari Mangkuk Badateeng. Tari ini bernuansa Islam. Dalam penampilan tari ini, seluruh penari dilengkapi dengan sebuah mangkuk putih, berpakaian baju kurung, songket dan pakai tutup kepala. Mangkuk Putih tersebut berisikan kembang 7 warna, dan tari ini ditampilkan pada upacara Turun Mandi Bayi, wujudnya mohon keselamatan bayi agar tumbuh dan berkembang ditengah keluarga dan masyarakat, dapat berbakti pada kedua orangtua, dan dapat menjalankan perintah agama.

UPACARA PENOBATAN GELAR ADAT DI ENAM LUHAH SUNGAI PENUH

Upacara adat di Enam Luhah Sungai Penuh identik dengan upacara Kenduri Sko. Kenduri besar ini diadakan untuk perayaan gelar adat yang diberikan oleh masyarakat Sungai Penuh kepada seseorang yang dianggap sudah memenuhi syarat untuk menyandang gelar Depati atau Permeti di Enam Luhah Sungai Penuh. Dalan acara Kenduri Sko ini yang unik adalah undangannya tidak berupa ucapan atau surat melainkan sebuah bendera yang disebut Keramantang yang tinggi tiang bambunya bisa mencapi 25 meter. Jadi siapa saja yang melihat bendera adat itu berkibar dan terbentang maka hal itu sudah merupakan suatu undangan bagi masyarakat mana saja yang malihatnya. Apabila di hari puncak acara Kenduri Sko telah tiba semua pusaka dari masing-masing luhah dikeluarkan untuk penobatan para datuk, rio, mangku, depati dan ngabih serta semua tamu undangan dari berbagai penjuru telah datang maka mereka mengadakan makan bersama ditiap-tiap rumah penduduk desa tersebut yang mana hidangan sudah tersedia dan tiap tamu akan mendapat sebuah lemang (makanan khas Kerinci).

Penobatan Permenti dan Depati oleh sesepuh adat, Ngabih Teh Sentiobawa dari Pemangku Rajo, Sunge P'noh
©Harun Alrasyid

TULAK BLA

Oi.....Salih Gadih dinganBujang. Ini sirih dingan Pinang.Bungo tujuh warno. Kami nak Batulak Bla. Tulak kulaut dingan ujo.

Inilah sepenggal mantera yang dinyanyikan (nyaho) dalam Upacara Tulak Bla. Upacara yang masih dipengaruhi oleh kepercayaan animisme dan dinamisme, bertujuan untuk menolak bencana alam misalnya musim kemarau panjang, musim hujan yang berkepanjangan, gempa bumi, dan lain-lain. upacara ini disajikan dengan berbagai persyaratan dan aktifitas. Salah satu akitfitas yang dilakukan dalam upacara ini adalah pengelilingan kampung (bersih desa) yaitu penyodokan rumah-rumah agar setan yang bersembunyi pergi dari rumah dan desa. Upacara ini dipimpin oleh enam orang Belian (pawang). Keenam belian ini dipimpin oleh satu belian (Belian Tuo).

LOMBA BIDUK HIAS

Peserta lomba Biduk Hias yang diikuti oleh peserta dari 11 kecamatan dan swasta ikut menyemarakan acara Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci. Perlombaan biduk hias ini telah menjadi agenda tetap pada upacara Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci setiap tahun.

MAHLIGAI KACO

Mahligai Kaco merupakan jenis tarian asyiek yang digelarkan pada upacara Kenduri Sko, penyambutan tamu, menghuni rumah baru dan pengobatan penyakit. Disini kekuatan-kekuatan nenek moyang dipanggil lewat ekspresi tari, lagu, sajian sehingga secara keseluruhan gelar bermuatan magis. Dimana penari dapat menginjak kaca, keris, dan bambu runcing tanpa cidera. Bait-bait syairnya merupakan mantera nyaho yang menyeru antara lain Salih Kuning Layang Rabiah, Salih Bujang Layang Keramat dan sebagainya. Tari ini masih eksis ditengah masyarakat umum.

SERULING BAMBU

Atraksi penampilan kelompok Seruling Bambu yang terdiri dari kelompok Seruling Bambu se-Kabupaten Kerinci, menyemarakkan pembukaan dan penutupan Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci. Seruling Bambu sebuah musik tradisional yang alat-alat musiknya dominan seruling yang terbuat dari bambu yang sudah dikeringkan dan perpaduan gendang dan car. Pada atraksi kali ini dibawakan secara massal dan sudah menjadi agenda tetap pada setiap pelaksanaan Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci, selalu diadakan lomba yang pesertanya utusan dari organisasi kesenian serta utusan dari kecamatan.

BEBERAPA OBYEK WISATA DI KERINCI

Selain tersebut diatas di Kerinci juga terdapat beberapa obyek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi para wisatawan baik dari dalam dan luar negeri. Berikut ini nama obyek wisata tersebut:

No

Nama Obyek Wisata

Lokasi Wisata

Keterangan

1

Benteng Hatta **

Kec.Danau Kerinci

Diluar Kawasan TNKS

2

Batu Bergambar dan Batu Bersurat Pendung **

Kec.Air Hangat

Diluar Kawasan TNKS

3

Mesjid Agung Pondok Tinggi*

Kec.Sungai Penuh

Diluar Kawasan TNKS

4

Rumah Larik Panjang (Pondok Tinggi)*

Kec.Sungai Penuh

Diluar Kawasan TNKS

5

Rumah Larik Panjang (Talang Kemuning)*

Kec.Gunung Raya

Diluar Kawasan TNKS

6

Rumah Larik Panjang Siulak*

Kec.Gunung Kerinci

Diluar Kawasan TNKS

8

Mesjud Keramat dan Mesjid Lamo*

Kec. Gunung Raya

Diluar Kawasan TNKS

9

Benteng/Parit perjuangan Depati Parbo*

Kec. Gunung Raya

Diluar Kawasan TNKS

10

Batu Bedil dan Batu Mariam*

Kec. Gunung Raya

Diluar Kawasan TNKS

11

Gunung Kerinci

Kec.Gunung Kerinci

Didalam Kawasan TNKS

12

Panorama Alam Bukit Tapan

Kec.Sungai Penuh

Didalam Kawasan TNKS

13

Gunung Belerang

Kec.Gunung Raya

Didalam Kawasan TNKS

14

Telun Berasap

Kec.Gunung Kerinci

Diluar Kawasan TNKS

15

Pancaro Rayo dan Pincuran Gading

Kec.Perwakilan Keliling Danau

Didalam Kawasan TNKS

16

Air Terjun Sungai Mentilin

Kec.Gunung Kerinci

Didalam Kawasan TNKS

17

Danau Gunung Tujuh

Kec.Gunung Kerinci

Didalam Kawasan TNKS

18

Danau Belibis

Kec.Gunung Kerinci

Diluar Kawasan TNKS

19

Danau Duo

Kec.Gunung Raya

Didalam Kawasan TNKS

20

Rawa Bento

Kec.Gunung Kerinci

Diluar Kawasan TNKS

21

Gua Kasah

Kec.Gunung Kerinci

Diluar Kawasan TNKS

22

Air Panas Semurup

Kec.Air Hangat

Diluar Kawasan TNKS

23

Danau Kerinci

Kec.Perwakilan Keliling Danau

Diluar Kawasan TNKS

24

Hutan Adat Temedak

Kec.Perwakilan Keliling Danau

Diluar Kawasan TNKS

25

Batu Megalitik

Kec.Perwakilan Keliling Danau

Diluar Kawasan TNKS

26

Batu Gong

Kec.Gunung Raya

Diluar Kawasan TNKS

27

Grao Rasau

Kec.Gunung Raya

Diluar Kawasan TNKS

28

Danau Lingkat

Kec.Gunung Raya

Diluar Kawasan TNKS

29

Air Terjun Siluang Bersisik Emas

Kec.Gunung Raya

Diluar Kawasan TNKS

30

Air Terjun Nyai Meh Kupak

Kec.Gunung Raya

Diluar Kawasan TNKS

32

Wisata Tirta Sungai Sangir

Kec.Gunung Kerinci

Diluar Kawasan TNKS

34

Air Terjun Pauh Tinggi

Kec.Gunung Kerinci

Didalam Kawasan TNKS

35

Danau Nyalo

Kec.Gunung Raya

Diluar Kawasan TNKS

36

Panorama Tanjung Repelita

Kec.Perwakilan Keliling Danau

Diluar Kawasan TNKS

37

Pesanggrahan Sanggaran Agung

Kec.Danau Kerinci

Diluar Kawasan TNKS

38

Air Terjun Sungai Medang

Kec.Air Hangat

Diluar Kawasan TNKS

39

Air Terjun Pendung

Kec.Air Hangat

Diluar Kawasan TNKS

40

Hutan Adat Lekuk 50 Tumbi

Kec.Gunung Raya

Diluar Kawasan TNKS

41

Hutan Adat Muara Air Dua

Kec.Sitinjau Laut

Diluar Kawasan TNKS

42

Aliran Batang Merangin (Kab. Kerinci)

Kec.Gunung Raya

Diluar Kawasan TNKS

43

Rawa Ladeh Panjang

Kec.Gunung Kerinci

Didalam Kawasan TNKS

44

Perkebunan Teh PTP VIII

Kec.Gunung Kerinci

Diluar Kawasan TNKS

45

Panorama Bukit Tapan

Kec. Sungai Penuh

Didalam Kawasan TNKS

46

Danau Kaco

Kec. Gunung Raya

Didalam Kawasan TNKS

47

Danau Kecil (air terjun Memekeh)

Kec. Gunung Raya

Didalam Kawasan TNKS

48

Gunung Raya

Kec. Gunung Raya

Didalam Kawasan TNKS

49

Hutan Adat Keluru Kec. Keliling Danau Diluar Kawasan TNKS

*) Wisata Budaya **) Wisata Sejarah

Sumber: Balai Taman Nasiona Kerinci Seblat

MENCAPAI KABUPATEN KERINCI

Untuk mencapai Kabupaten Kerinci dapat dengan melalui beberapa jalur utama yaitu:

1 Padang-Muara Labuh-Sungai Penuh 249 Km
2 Padang-Painan-Tapan-Sungai Penuh 277 Km
3 Bukittinggi-Solok-Muara Labuh-Sungai Penuh 350 Km
4 Jambi-Bangko-Sungai Penuh 465 Km
5 Kuala Tungkal-Jambi-Bangko-Sungai Penuh 525 Km
6 Palembang-Jambi-Bangko-Sungai Penuh 726 Km
7 Bengkulu-Tapan-Sungai Penuh 879 Km

Untuk Informasi Perjalanan anda:

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan
Jl. Diponegoro No. 1 Sungai Penuh
Phone +62(0748) 324070

Pusat Informasi, Taman Nasional Kerinci Seblat
Jl. Basuki Rahmat No. 11 Sungai Penuh
Phone +62(0748) 22250; Fax 22300
e-mail: btnks@pdg.vision.net.id; http://www.kerinci.org

Gayatry Tourism Guidance and Information
Jl. K. H. Wahid Hasyim No. 5 Sungai Penuh
Phone +62(0748) 21146

Tidak ada komentar: