Kamis, 10 Januari 2008

Di Palembang

SBY Telusuri Sungai Musi

Presiden SBY di Sungai Musi dengan latar Jembatan Ampera, Jumat (16/6) siang. (foto: anung/presidensby.info)
Presiden SBY di Sungai Musi dengan latar Jembatan Ampera, Jumat (16/6) siang. (foto: anung/presidensby.info)
Palembang: Sungai Musi yang melintasi kota Palembang, Sumatera Selatan, sangat potensil untuk obyek pariwisata. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuktikan sendiri, Jumat (16/6) siang, ketika dengan menggunakan kapal KM Putri Kembang Dadar buatan PT Carita Boat Banten, menelusuri Sungai Musi selama lebih dari satu jam.

Berangkat dari dermaga di dekat Jembatan Ampera pukul 13.50 WIB, Presiden SBY bersama Ibu Ani didampingi beberapa menteri antara lain Menbudpar Jero Wacik, Menhub Hatta Rajasa, Mendagri M.Ma`ruf, Seskab Sudi Silalahi, Gubernur Sumatera Selatan Sarial Oesman serta dua Jubir Presiden, Andil Mallarangeng dan Dino Patti Djalal.

Sambil menelusuri Sungai Musi, Presiden sekaligus juga meresmikan pengoperasian KM Putri Kembang Dadar berlantai dua itu untuk umum. Tahun lalu, tepatnya tanggal 27 September 2005, ketika meresmikan bandara internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Presiden SBY memang telah mencangkan Palembang sebagai kota wisata sungai.

Selama pelayaran, tak-hentinya Presiden dan rombongan melambaikan tangan pada masyarakat yang melimpah ruah di tepi kanan kiri sungai. Masyarakat menyambut SBY yang pernah bertugas di Palembang sebagai Pangdam Sriwijaya tahun 1996/1997, dengan lambaian tangan dan bendera Merah Putih. Sesekali sebuah perahu kecil melintas cepat mendahului, karena memang arus lalu lintas Sungai Musi amat padat. Di atas kapal, Presiden, Ibu Ani dan anggota rombongan lainnya menikmati makan siang.

Setelah menelusuri Sungai Musi, pukul 14.50 WIB KM Putri Kembang Dadar merapat kembali di dermaga. Begitu mendarat, Presiden SBY dan rombongan segera berjalan kaki menuju Benteng Kuto Besak untuk meresmikan dan membuka tiga acara sekaligus, yaitu Festival Sriwijaya ke XV, Sriwijaya Expo, dan City Expo. City Expo adalah pekan promosi kota - kota di Indonesia yang berlangsung dari tanggal 16 s/d 20 Juni 2006 dan diselenggarakan oleh APEKSI (Assosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia). Lebih istimewa lagi, HUT ke 1323 kota Palembang, jatuh tepat pada hari ini, Jumat tanggal 16 Juni 2006. (nnf)

Tidak ada komentar: